Manchester United Raih Gelar Pertama Semenjak di Tinggal Fergie

Manchester United Raih Gelar Pertama Semenjak di Tinggal Fergie
Manchester United

Manchester United akhirnya sukses merengkuh gelar FA Cup 2016 usai mengalahkan Crystal Palace dengan skor tipis 2-1 lewat babak extra time. Gol kemenangan dicetak oleh Jesse Lindgard di menit ke-110. Sebelumnya, di waktu normal, kedua tim hanya bisa bermain imbang 1-1. United sendiri harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Chris Smalling mendapatkan kartu kuing kedua di awal babak extra time.

Pertandingan berjalan cukup dramatis karena semua gol tercipta di menit-menit akhir. Palace unggul terlebih dahulu di menit ke-78 melalui Jason Puncheon. Tiga menit berselang, United berhasil menyamakan kedudukan melalui Juan Mata. Lindgard akhirnya memastikan kemenangan Setan Merah di menit ke-110 extra time.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Manchester United, Louis van Gaal berupaya mempersembahkan trofi pertamnya bersama dengan Red Devils selama 2 tahun menjabat sebagai pelatih. Van Gaal menurunkan Wayne Rooney, Marchus Rashford dan Anthony Martial di lini depan. Sejak pertandingan dimulai, United langsung menguasai permainan.

United mempunyai dua peluang emas melalui Rooney dan Martial. Namun penjaga gawang Crytal Palace Wayne Hennessey masih mampu mengamankan gawangnya. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama pertandingan.

Di babak kedua, Crystal Palace mulai berani keluar menyerang. Jual beli serangan pun terjadi di babak kedua permainan. Crystal Palace akhirnya mampu mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-78. Adalah pemain pengganti, Jason Puncheon yang berhasil memanfaatkan keteledoran lini belakang United untuk membawa Palace unggul 1-0.

Keunggulan Palace tak bertahan lama. Tiga menit berselang, Juan Mata sukses menyamakan kedudukan melalui sepakannya. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga peluit akhir dibunyikan oleh wasit yang memimpin pertandingan. Laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Petaka terjadi bagi United di menit ke-105 saat bek mereka, Chris Smalling, harus diusir dari lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua. Bermain dengan sepuluh orang pemain United justru berbalik unggul setelah Jesse Lindgard mencetak gol d menit ke-110. Gol Lindgard tersebut memastikan gelar FA Cup jatuh ke tangan Manchester United.

Satu gelar FA Cup ini patut disyukuri Manchester United dan bisa dijadikan pelipur lara setelah kegagalan mereka lolos ke Liga Champions musim depan.