Spanyol Kirim 2 Wakilnya di Semifinal Europa League

Spanyol Kirim 2 Wakilnya di Semifinal Europa League
Athletic Bilbao

Klub-klub Spanyol kembali menunjukkan tajinya di kompetisi Eropa musim ini. Setelah Real Madrid dan Atletico Madrid memastikan dua tempat bagi wakil Spanyol di babak semifinal liga Champions, giliran Atlhletic Bilbao dan Villareal yang juga memastikan dua tempat di semifinal Europa League.

Pencapaian ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi persepakbolaan Spanyol. Dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol memang rajin mengirimkan wakil-wakilnya di kompetisi Eropa hingga babak final. Bahkan, musim lalu juara liga Champions dan Europa League juga berasal dari Spanyol, yaitu Barcelona dan Sevilla.

Bilbao sendiri berhasil memesan satu tempat di babak semifinal usai menyingkirkan sesama klub Spanyol, Sevilla. Di leg pertama ketika Bilbao menjadi tuan rumah, Sevilla berhasil mencuri kemenangan dengan skor tipis 1-2.

Di leg kedua, giliran Bilbao yang yang berhasil mencuri kemenangan di kandang Sevilla dengan skor serupa 1-2. Pertandingan pun dilanjutkan hingga babak penalti, karena di masa perpanjangan belum ada gol yang tercipta. Di babak penalti sendiri Bilbao sukses mengalahkan Sevilla dengan skor 5-4.

Sementara itu, Villareal berhasil menyingkirkan wakil Republik Ceko, Sparta Praha di babak perempat final. Setelah berhasil menang di leg pertama saat menjadi tuan rumah dengan skor 2-1, Villareal kembali meraih kemenangan di leg kedua setelah memukul lawannya tersebut dengan skor 2-4.

Christian Bakumbu menjadi pahlawan di leg kedua yang dihelat di kandang Sparta Praha. Pemain timnas Kongo itu mencetak 2 dari 4 gol yang tercipta di pertandingan tersebut.

Dengan lolosnya Athletic Bilbao dan Villareal, wakil Spanyol di seluruh kompetisi Eropa musim ini masih tersisa 4 klub. Dua di liga Champions, dan dua lagi di Europa League. Dalam satu dekade terakhir, klub-klub Spanyol berhasil mendominasikompetisi Eropa, mulai dari liga Champions hingga Europa League.

Klub Spanyol akan menghadapi wakil Inggris, Liverpool dan pemilik tiet terakhir babak 4 besar Europa League yakni Shaktar Donetsk. Shaktar menjadi semifinalis usai mengalahkan klub Portugal, Sporting Braga di babak perempatfinal.

Undian semifinal Europa League sendiri akan dilangsungkan usai undian untuk Liga Champions Jumat ini.