Debut Cemerlang Ventura Bagi Italia

Debut Cemerlang Ventura Bagi Italia
Debut Cemerlang Ventura Bagi Italia

Italia berhasil memetik kemenangan di laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia 2018, Senin (5/9/2016). Bertandang ke kandang Israel, Gli Azzuri berhasil menang dengan skor 3-1. Tiga gol Italia masing-masing dicetak oleh Graziano Pelle, Antonio Candreva dan Ciro Immobile. Sementara Israel hanya bisa membalas satu gol lewat Ben Chaim.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan perdana bagi pelatih baru timnas Italia, Giampiero Ventura. Ventura ditunjuk menjadi pelatih kepala timnas Italia untuk menggantikan Antonio Conte usai perhelatan Piala Eropa 2016 Perancis bulan Juni lalu.

Di pertandingan tersebut, Ventura menurunkan duet penyerang Graziano Pelle dan Citadin Eder. Keduanya ditopang oleh gelandang-gelandang kreatif dan enerjik seperti Antonio Candreva, Giacomo Bonaventura, Marco Veratti dan juga Marco Parolo.

Italia langsung memegang kendali permainan sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan. Anak asuhan Giampiero Ventura akhirnya mampu membuka keunggulan ketika laga berjalan 14 menit. Umpan matang Luca Antonelli berhasil dikonversi menjadi gol oleh penyerang Italia yang bermain di Liga China, Graziano Pelle.

Gli Azzurri mampu menggandakan keunggulan di menit ke-31 lewat eksekusi penalti dari pemain Inter Milan, Antonio Candreva. Tak berselang lama, tuan rumah akhirnya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 setelah Ben Chaim mencetak gol di menit ke-34. Skor 2-1 untuk keunggulan Italia bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di paruh kedua, dominasi permainan masih dipegang oleh tim tamu. Israel hanya bisa sesekali melakukan serangan balik. Di menit ke-55, Italia harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Giorgio Cheillini menerima kartu kuing kedua. Alhasil, Italia harus bermain dengan 10 orang pemain di sisa babak kedua.

Bermain dengan 10 orang pemain, Italia justru mampu menambah keunggulan. Adalah pemain pengganti, Ciro Immobile yang sukses mencatatkan namanya di papa skor dan membawa Italia menjauh. Hingga pertandingan usai, skor 3-1 untuk kemenangan Italia tetap bertahan.

Kemenangan ini menjadi awal yang baik bagi Italia di masa kepemimpinan Giampiero Ventura. Ventura memang diharapkan mampu membawa angin segar bagi timnas Italia. Kemenangan perdana yang sangat penting bagi perjalanan Ventura dan timnas Italia.