Ronaldo: Perancis Favorit, Juaranya Tetap Portugal

Ronaldo Perancis Favorit, Juaranya Tetap Portugal
Ronaldo Perancis Favorit, Juaranya Tetap Portugal

Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo mengakui jika tuan rumah Perancis akan lebih difavoritkan jelang final Piala Eropa 2016 hari Minggu (10/7) nanti. Meskipun lebih dijagokan, Ronaldo yakin jika yang menjadi juaranya adalah Portugal.

Setelah kecewa karena gagal di final Euro 2004 silam, Ronaldo ingin menebus kegagalannya tersebut di final Euro 2016 ini. Apalagi final ini bisa dibilang sebagai kesempatan terakhir pemain Real Madrid tersebut untuk meraih gelar trofi bersama dengan timnas Portugal.

Satu-satunya hal yang tak bisa diraih dalam karir Ronaldo adalah trofi bersama dengan timnas Portugal. Di level klub, CR7 bergelimang trofi, mulai dari trofi liga domestik seperti Premier League dan La Liga, hingga trofi Liga Champions dan Piala Intercontinental. Itu pun masih ditambah dengan penghargaan individual seperti Ballon d’Or atau Sepatu Emas.

“Saya telah memenangkan segalanya di level klub dan individual, akan menjadi pencapaian yang hebat jika bisa meraih trofi bersama dengan timnas Portugal. Saya percaya hal itu bisa terjadi. Kita harus memiliki pikiran yang positif karena saya sangat yakin jika Portugal akan meraih trofi besar pertamanya hari minggu nanti,” ujar Ronaldo kepada UEFA.com.

Perjalanan Portugal di perhelatan Euro 2016 ini memang kurang mulus. Mereka lolos ke babak knouck out sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Mereka pun tak pernah menang dalam waktu normal hingga babak perempat final. Permainan Joao Moutinho cs. pun jauh dari kata mengesankan.

“Kami memulai turnamen dengan cara yang tak mudah. Hasil di awal tidak seperti yang kami harapkan. Tapi hal itu membuat perjuangan menuju final menjadi lebih berkesan. Perancis lebih difavortikan dibandingkan kami, tapi saya pikir Portugal yang akan menjadi juaranya,” tutup mantan pemain Manchester United tersebut.

Final ini memang bisa menjadi kesempatan terakhir Ronaldo untuk mempersembahkan trofi kepada Portugal. Jika berhasil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa 2016, Ronaldo akan semakin dekat dengan gelar Ballon d’Or keempat sepanjang karirnya. Di musim 2015/2016 lalu, Cristiano Ronaldo berhasil mengantarkan Real Madrid menjadi juara Liga Champions.