Portugal Dominasi Daftar Skuad Terbaik Euro 2016

Portugal Dominasi Daftar Skuad Terbaik Euro 2016
Rui Patricio, Kiper Skuad Terbaik Euro 2016

Setelah mengumumkan penghargaan pemain terbaik dan pemain muda terbaik di Euro 2016, otoritas tertinggi sepakbola Eropa atau UEFA merilis daftar 11 nama yang masuk ke dalam Best XI Euro 2016. Daftar yang berisikan 11 nama tersebut dipilih oleh juri panel yang merupakan ahli di bidangnya, salah satunya adalah pelatih legendaris asal Skotlandia, Sir Alex Ferguson.

Dalam daftar tersebut, sang juara Euro 2016, Portugal paling banyak mengirimkan wakilnya di skuad terbaik tersebut, yaitu empat nama. Salah satunya adalah kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Sementara itu, finalis dan tuan rumah Perancis memasukkan dua wakilnya ke dalam daftar tersebut.

Di posisi penjaga gawang, para juri sepakat untuk memilih Rui Patricio sebagai penjaga gawang terbaik. Penampilan penjaga gawang Portugal tersebut selama fase knock out memang sangat mengesankan. Selama fase gugur, Rui Patricio hanya kebobolan satu gol.

Di posisi pemain belakang, para juri sepakat memilih empat nama, yaitu Joshua Kimmich (Jerman), Jerome Boateng (Jerman), Pepe (Portugal) dan Raphael Guererro (Portugal). Meski terhenti di semifinal, Jerman masih sanggup untuk menyertakan dua wakilnya di Best XI. Sementara Pepe dan Raphael Guererro bermain dengan dominan sepanjang fase knock out.

Di posisi dua gelandang tengah, panel juri memilih duet Toni Kroos (Jerman) dan Joe Allen (Wales). Toni Kroos menjadi pemain dengan umpan sukses terbanyak di perhelatan Euro 2016 ini. Sedangkan Joe Allen menjadi salah satu nama penting yang mengantarkan Wales ke semifinal Euro untuk pertama kali.

Selanjutnya ada nama Antoine Griezmann (Perancis), Aaron Ramsey (Wales) dan Dmitri Payet (Perancis) sebagai trisula lini depan. Griezmann merupakan top skor sekaligus pemain terbaik di turnamen ini. Sedangkan penampilan Aaron Ramsey dan Dmitri Payet sepanjang turnamen cukup vital tim mereka.

Dan satu nama terakhir yang akan menempati posisi penyerang utama adalah kapten Portugal, Crisitiano Ronaldo. Performa Ronaldo selama Euro 2016 berlangsung memang sangat dominan bagi skuad Portugal. Bahkan ketika dia harus ditarik keluar lapangan saat final karena cedera, Ronaldo tetap menjadi inspirator bagi rekan-rekannya dari pinggir lapangan.

Itu tadi skuad terbaik atau Best XI Euro 2016 yang dipilih oleh juri ekslusif pilihan UEFA. Pengumuman BEST XI Euro ini sekaligus menandai berakhirnya pesta sepakbola antar timnas Eropa ini. Perhelatan Euro selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.