Griezman Striker Tersubur di Daratan Eropa

Griezman Striker Tersubur Daratan Eropa
Griezman Striker Tersubur Daratan Eropa

Tuan rumah Perancis akhirnya gagal mempersembahkan gelar juara Piala Eropa 2016 kepada rakyat Perancis setelah di final kalah dari Portugal dengan skor tipis 1-0. Namun Perancis mendapatkan sedikit hadiah pelipur lara karena salah satu pemainnya, Antoine Griezmann, mendapatkan gelar sepatu emas atau pencetak gol terbanyak di Euro 2016.

Sepanjang turnamen Euro 2016 berlangsung, penyerang Atletico Madrid tersebut sukses membukukan 6 gol dari tujuh laga yang dijalaninya. Griezmann berhasil mengungguli beberapa pemain top lainnya seperti Cristiano Ronaldo, Dmitri Payet, Gareh Bale hingga Alvaro Morata yang masing-masing hanya bisa mencetak 3 gol.

Pelatih Perancis memang menjadikan Griezmann sebagai penyerang andalan Les Blues bersama dengan Olivier Giroud. Kemampuan Griezmann bermain di sisi sayap menjadikannya sebagai pilihan utama Deschamps di semua laga yang sudah dijalani Perancis. Dari tujuh laga yang sudah dijalani Perancis, Antoine Griezmann selalu menjadi starter.

Di fase grup, Griezmann hanya bisa mencetak satu gol. Satu-satunya gol yang diciptakan pemain bernomor punggung tujuh tercipta saat Perancis menghadapi Albania. Griezmann sempat diragukan oleh publik dan media Perancis karena gagal menunjukkan performa maksimal di fase grup. Namun, penyerang 25 tahun tersebut menjawab semua keraguan tersebut lewat penampilan mengesankan di fase knock out.

Di babak 16 besar melawan Republik Irlandia, Griezmann berhasil menyelamatkan Perancis dari kekalahan lewat sumbangan dua golnya. Di pertandingan tersebut Perancis menang dengan skor tipis 2-1. Di babak perempat final, Griezmann tampil gemilang saat Perancis menggilas Islandia dengan skor 5-2. Di pertandingan tersebut Griezmann mencetak 1 gol dan dua assist.

Ketika masuk ke babak semifinal dan berhadapan dengan Jerman, Griezmann kembali tampil perkasa dengan mencetak semua gol Perancis di pertandingan tersebut. Di laga penuh gengsi tersebut, Perancis menang dengan skor 2-0 dan berhak melaju ke babak final untuk menghadapi Portugal.

Namun sayang, kegemilangan Antoine Griezmann terhenti di babak final. Di final, Griezmann tak berdaya sehingga membuat Perancis gagal mengangkat trofi juara Euro 2016. Meski gagal membawa Perancis menjadi juara, gelar top skor yang didapat Griezmann ini patut disyukuri. Tanpa Griezmann, Perancis tak akan bisa melaju sejauh ini.