From Zero To Hero, Ronaldo Legenda Baru Portugal

From Zero To Hero, Ronaldo Legenda Besar Portugal
From Zero To Hero, Ronaldo Legenda Besar Portugal

Jika ada yang bilang siapa legenda sepakbola modern saat ini maka publik tentu akan menyebut nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun jika ada yang menyebut siapa legenda yang bisa menjadi pemimpin dan membantu menaikan semangat rekannya maka dia adalah Cristiano Ronaldo. Kepemimpinan dan kecintaannya terhadap tanah air sangat terlihat dalam pertandingan final piala Eropa 2016 tadi malam (10/07/2016).

Ronaldo yang untuk kedua kalinya membawa Portugal ke final Euro tampak sangat bersemangat untuk tidak melepaskan kesempatan besar yang hampir dapat mereka miliki pada saat final Euro 2014 yang di gelar di kandang sendiri. Ronaldo yang turun mengenakan ban kapten tampak bermain semangat sebelum akhirnya benturan dengan Dimitri Payet membuat Ronaldo harus ditandu keluar dan mengubur mimpinya untuk bisa membela timnas sampai akhir pertandingan.

Tampak Ronaldo sangat terpukul dan menangis, karena sebagai pemimpin tim untuk memperjuangkan juara dirinya tidak bisa menemani rekannya lebih lama. Namun hal diluar dugaan terjadi ketika Ronaldo diganti dan berada di bench, bukannya meratapi atau berdiam di bangku cadangan. Ronaldo menelurkan semangat dan dukungannya untuk temannya yang sedang berjuang dilapangan.

Berkali-kali terlihat Ronaldo meneriakan semangat, hal yang akhirnya membuahkan hasil yang manis. Karena tanpa sang kapten dan megabintang yang berada di lapangan, Portugal akhirnya berhasil memenangkan pertandingan melalui gol semata wayang Eder pemain pengganti yang diciptakan di babak perpanjangan waktu. Teriakan dan tangis haru pun pecah, Portugal yang sudah sangat lama memimpikan gelar Euro akhirnya bisa membawa gelar tersebut ke kampung halamannya untuk pertama kalinya.

Ini merupakan pencapaian terbesar Portugal di pentas dunia setelah pencapaian terbaik hberada di peringkat ketiga kala masih diperkuat Eusebio dan peringkat kedua saat tahun 2004 lalu. Jika dilihat dengan cermat maka perjalanan Portugal di Piala Eropa 2016 ini seperti from zero to hero, dari sebuah tim yang tidak diunggulkan dengan lolos ke semifinal melalui 5 hasil imbang. Portugal kemudian bermain bagus saat semifinal melawan Wales dan klimaks saat pertandingan final dengan mengalahkan unggulan pertama Perancis di kandang sendiri.