Euro 2016 : Portugal Bangunkan Mimpi Indah Perancis

Euro 2016, Portugal Bangunkan Mimpi Indah Perancis
Euro 2016, Portugal Bangunkan Mimpi Indah Perancis

Portugal akhirnya berhasil meraih gelar juara Piala Eropa 2016 setelah di pertandingan final semalam mampu mengalahkan tuan rumah Perancis dengan skor 1-0 di babak extra time. Satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan tersebut dicetak oleh penyerang Portugal, Eder di menit ke-107. Kemenangan ini membuat Portugal berhasil meraih trofi besar pertamanya sepanjang sejarah.

Pertandingan final antara Perancis dan Portugal yang dihelat di Stade de France berjalan cukup seimbang. Di awal-awal laga, Perancis lebih mendominasi permainan. Portugal sendiri lebih berhati-hati dalam melakukan serangan dan lebih banyak menunggu di garis pertahanan sendiri.

Petaka bagi Portugal datang di menit ke-18 ketika kapten sekaligus penyerang andalan mereka, Cristiano Ronaldo harus ditarik dari lapangan karena mengalami cedera. Portugal pun harus berjuang tanpa bintang andalannya tersebut.

Tuan rumah Perancis pun akhirnya mampu membuka peluang lewat sundulan Antoine Griezmann. Sayang, sundulan penyerang Atletico Madrid tersebut masih bisa ditepis oleh Rui Patricio. Peluang dari Griezmann itu adalah peluang terbaik yang dimiliki Perancis yang tercipta di babak pertama. Skor imbang tanpa gol pun menutup paruh pertama laga.

Di babak kedua, pertandingan berjalan lebih terbuka. Portugal mampu menciptakan dua peluang berbahaya lewat Luis Nani dan Ricardo Quaresma. Namun peluang tersebut belum membahayakan gawang Hugo Lloris.

Jelang babak kedua berakhir, Perancis mendapatkan peluang emas lewat Mousa Sissoko dan Andre Pieree Gignac. Namun kegemelingan penjaga gawang Portugal, Rui Patricio membuat gawang Portugal tetap aman. Karena skor masih imbang, pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak pertama extra time, kedua tim yang terlihat sudah kelelahan memilih untuk bermain hati-hati. Portugal memiliki peluang emas ketika tendangan bebas Raphael Guererro hanya menerpa mistar gawang. Selang beberapa menit, pemain pengganti, Eder sukses mencetak gol lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Portugal pun memimpin dengan skor 1-0.

Di paruh kedua extra time, Perancis tidak punya pilihan lain selain keluar menyerang. Namun, ketatnya lini belakang Portugal membuat para penyerang Perancis tak berdaya. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 1-0 untuk keunggulan Portugal tetap bertahan. Dengan ini Portugal berhak menyandang gelar sebagai juara Piala Eropa 2016.

Gelar ini adalah gelar internasional pertama Portugal di turnamen besar. Di tahun 2004 lalu Portugal sempat masuk ke babak final. Namun saat itu mereka dikalahkan oleh Yunani dengan skor 1-0. Kemenangan ini menjadi kado terindah bagi seluruh warga Portugal.