Lionel Messi Menyerah dari Timnas Argentina

Lionel Messi Menyerah dari Timnas Argentina
Lionel Messi Menyerah dari Timnas Argentina

Kabar mengejutkan datang dari penyerang Barcelona sekaligus kapten timnas Argentina, Lionel Messi. Usai gagal mempersembahkan gelar Copa America Centenario, Lionel Messi memutuskan untuk pensiun dari timnas Argentina. Keinginan tersebut diutarakan Messi kepada awak media usai pertandingan final Copa America melawan Chile.

Keinginan untuk berhenti membela timnas Argentina tersebut disebabkan karena kegagalan demi kegagalan yang diderita Messi dan Argentina. Messi mengantarkan tim Tango ke empat final turnamen besar. Final Copa America tahun 2007, 2015, 2016, serta final Piala Dunia 2014.

Dari keempat final tersebut, tak satupun kemenangan diraih oleh Messi dan Argentina. Yang paling baru, Messi gagal mempersembahkan gelar kepada Argentina setelah di final Copa America Centenario dikalahkan oleh Chile lewat adu tendangan penalti.

Sedihnya lagi, Messi menjadi satu dari dua eksekutor Argentina yang gagal mencetak gol dalam adu tendangan penalti tersebut. Messi merasa menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas kekalahan Argentina tersebut. Terakhir kali Argentina merasakan gelar juara turnamen besar terjadi pada tahun 1993, ketika itu Gabriel Batistuta cs. berhasil menjadi juara Copa America.

Harapan besar masyarakat Argentina memang berada di pundak Lionel Messi, yang telah menyabet 5 gelar pemain terbaik dunia tau Ballon D’Or. Messi yang terlihat menitikan air mata usai laga melawan Chile tak bisa menyembunyikan kesedihannya karena kembali gagal mempersembahkan gelar kepada Argentina. Usai laga, Messi mengutarakan maksudnya untuk pensiun dari timnas Argentina.

“Keputusan ini sudah saya ambil. Saya sudah mencoba berulang kali, saya sangat sedih hal ini kembali terjadi. Saya gagal mengeksekusi penalti, itu yang terjadi. Saya telah berada di empat final dan gagal. Saya rasa keputusan ini baik bagi semua orang,” ujar Messi.

Sebagai pemain terbaik dunia dan pemimpin generasi emas Argentina, Messi memang diharapkan mampu memberikan banyak gelar kepada Argentina. Messi bahkan selalu dibanding-bandingkan dengan Diego Maradona yang sukses mempersembahkan satu gelar Piala Dunia di tahun 1986 silam.

Sayangnya, selama hampir sepuluh tahun membela Argentina, tak satupun gelar turnamen besar yang dapat dipersembahkan oleh Lionel Messi.