Turki 3-0 Belanda

Belanda hanya bisa meraih tempat ketiga
Belanda mengalami kekalahan berat di Turki

Ozyakup 8 ‘
Turan 26 ‘
Yilmaz 85 ‘

Harapan Belanda untuk lolos secara otomatis ke Euro 2016 berakhir dengan kekalahan berat di Turki.

Gelandang Oguzhan Ozyakup berlari menyambut bola dari sebuah operan terobosan Arda Turan untuk menempatkan tuan rumah unggul dengan penyelesaian yang cantik. Turan menggandakan keunggulan tersebut dengan mencuri bola dari Daley Blind yang berada dalam posisi tanggung sebelum menembak bola itu melewati tangan lemah Jasper Cillessen di tiang dekat. Burak Yilmaz menambahkan gol yang ketiga dan terakhir untuk menutup hasil yang membuat Belanda hanya bisa meraih tempat ketiga di Grup A. Tetapi untuk mencapai peringkat tersebut, Belanda sekarang harus bergantung pada kekalahan Turki dalam dua pertandingan terakhir mereka.

Islandia memastikan tempat mereka di turnamen internasional untuk pertama kalinya ketika mereka mengamankan poin yang mereka butuhkan melawan Kazakhstan. Republik Ceko juga otomatis lolos setelah mengalahkan Latvia dengan skor 2-1. Tim yang meraih peringkat di belakang dua tim teratas tersebut akan mendapat tempat untuk bersaing di pertandingan play-off dua tahap melawan tim dari grup lainnya yang sama-sama meraih urutan ketiga. Itulah satu-satunya jalan yang terbuka untuk Belanda, namun nasib mereka tidak berada di tangan mereka sendiri setelah Turki melewati mereka dengan kemenangan yang meyakinkan.

Kekalahan itu merupakan kekalahan kompetitif terberat bagi Belanda sejak tahun 1996, ketika mereka kalah 4-1 atas Inggris di Wembley pada ajang Euro 1996. “Babak kualifikasi ini secara keseluruhan memang sangat sulit,” kata striker Robin van Persie. “Kami masih memiliki kesempatan, tapi nasib kami tidak lagi berada di tangan kami sendiri dan itu adalah situasi yang mengerikan. ”

Apa yang berikutnya untuk Belanda?

Belanda akan bertanding di kandang Kazakhstan pada tanggal 10 Oktober sebelum pertandingan grup terakhir mereka di kandang melawan Republik Ceko tiga hari kemudian, sementara itu Turki mungkin akan menghadapi lawan yang lebih sulit, melawan Republik Ceko dalam pertandingan tandang dan melawan Islandia di kandang mereka sendiri. Terakhir kali Belanda gagal lolos ke turnamen besar adalah pada Piala Dunia 2002. Sebelum itu, mereka absen pada Piala Dunia 1982 dan 1986 dan pada Kejuaraan Eropa 1984.