Golden Boy Award 2016 Ajang Pertarungan Bibit Muda Terbaik

Golden Boy Award 2016 Ajang Pertarungan Bibit Muda Terbaik
Golden Boy Award 2016 Ajang Pertarungan Bibit Muda Terbaik

Penghargaan tahunan bagi para pemain muda terbaik dunia yang diberi nama Golden Boy Award akan kembali diadakan oleh majalah olahraga terkemuka di Italia, Tuttosport. Penghargaan tahunan ini sudah ada sejak tahun 2003 lalu dan menjadi acara tahunan untuk memberikan apresiasi kepada para pemain muda berbakat dari seluruh dunia.

Juri di penghargaan ini adalah para jurnalis dari semua benua. Para jurnalis tersebut akan memberikan penilaian ke sejumlah nama pemain muda yang usianya masih di bawah 21 tahun. Beberapa nama pemain top yang pernah merasakan gelar ini diantaranya; Rafael va der Vaart, Lionel Messi, Wayne Rooney, Cesc Fabregas, Sergio Aguero, Mario Gotze hingga Paul Pogba. Tahun lalu, penyerang Manchester United, Anthony Martial adalah penerima penghargaan ini.

Untuk tahun ini sudah ada puluhan nama pemain muda yang siap dipilih. Ada beberapa nama pemain yang sudah tidak asing di telinga pecinta sepakbola dunia dan sangat dijagokan untuk bisa meraih penghargaan Golden Boy Award tahun ini.

Ada nama penyerang muda timnas Inggris dan Manchester United, Marchus Rashford. Pemain yang belum genap berusia 20 tahun tersebut namanya meroket sejak musim lalu. Di musim ini, performa yang ditunjukkan oleh Rashford semakin menjanjikan. Rahsford pun menjadi kandidat terkuat pada penghargaan tahun ini.

Inggris tak hanya menyumbang Marcus Rashford seorang. Ada nama gelandang Tottenham Hotspurs, Dele Alli yang juga masuk dalam nominasi. Ada pula nama penyerang Arsenal, Alex Iwobi serta pemain muda Chelsea, Ruben Loftus-Check.

Selanjutnya ada nama penyerang Brazil yang baru bergabung dengan Inter Milan, Gabriel Barbosa atau biasa disebut dengan Gabigol. Penyerang muda timnas Brazil tersebut juga dijadikan salah satu kandidat terkuat untuk meraih penghargaan Golden Boy Award tahun ini. Rival sekota Inter, AC Milan juga menyumbangkan satu pemain yaitu Gianluigi Donnararuma.

Beberapa kandidat yang berpotensi untuk memenangkan penghargaan bergengsi ini antara lain; Mahmod Dahoud (Borussia Moenchengladbach), Moussa Dembele (Glasgow Celtic), Ousmane Dembele (Borussia Dortmund), Renato Sanches (Bayern Munchen), Kelichi Iheanacho, Marco Asensio dan juga Leroy Sane.